[PROMO] +62 895-3796-5464 / Jual tahu Mentah Mateng Banjarnegara Enak!


Tahu Mentah Matang Banjarnegara Mandiraja
          https://jual-tahumentahmateng.blogspot.com/2019/10/jual-tahu-mentah-mateng.htmlJual Tahu Mentah Mateng +62 895-3796-5464
Jual tahu Mentah Mateng Banjarnegara Enak!, ] +62 895-3796-5464
  Apasih itu Tahu?  Tahu merupakan makanan yang penuh protenin yang bahan dasar kedelai yang di senangi masyarakat Indonesia. Ada 2 macam jenis tahu, pertama tahu mentah bukanlah tahu yang mentah namun tahu yang sudah melewati berbagai olahan namun belum digoreng,biasanya tahu mentah disajikan dengan masakan terkenal yaitu tahu masak. Biasanya tahu dipotong kecil kemudian ditambah dengan sayur mayur dan sambal. Tahu matang yang sudah melewati olahan dan sudah digoreng. Bisa dibuat tahu crispy atau yang lain dan juga sering dibuat lauk sehari-hari.
            Tahu bisa dimakan oleh kalangan muda ataupun tua, tahu baik untuk kebutuhan biasanya oleh kalangan masyarakat tahu dibuat untuk lauk sehari-hari. Tahu juga baik untuk menunjang pertumbuhan balita, karena tahu mengandung banyak protein dan gizi yang baik. Balita usia 3 tahun sudah boleh mengkonsumsi tahu,karena tekstur tahu yang lembut dan mudah dikunyah, dan tahu tentunya cocok dijadikan cemilan anak remaja. Bisa divariasikan menjadi olahan tahu yang lain. Dan tentunya tidak ada larangan untuk kaum lanjut usia mengkonsumsi tahu,karena rasanya yang enak dan tentu tahu sudah menjadi makanan melegenda.
            Tahu bisa didapat dimana saja, baik online maupun offline. Dan tahu biasanya terdapat didaerah terdekat misalnya warung, dan pasar. Diwarung sayur biasanya terdapat tahu yang sudah siap makan, adapun tahu yang harus diolah terlebih dahulu seperti tahu mentah.  Dipasar Mandiraja,Banjarnegara ada tahu yang terkenal loh,tahu goreng asin namun digemari banyak warga biasanya tahu disebut dengan tahu asin bu sugi, selain tahu goreng bu sugi juga memasarkan tahu mentahnya. Dan tahu bu sugi sudah mulai mengembangkan bisnis didunia online bisa dipesan melalui instagram. Siap antar keseluruh penjuru Indonesia,baik yang di pelosok desa maupun di perkotaan.  Dengan kualitas baik dan terjaga mutu kualitasnya.
            Kapan sih bisa membeli atau berapa lama sih tahu baik untuk dikonsumsi? Tahu di pasar Mandiraja,Banjarnegara bisa dibeli sampai jam 13.00, dan tahu bu sugi buka jam 06.00-23.00 buka dirumah. Jangka layak makan tahu 2-3 hari untuk yang matang,dan 5hari batas layak makan untuk tahu mentah,namun untuk tahu mentah harus dikukus/dipanaskan dulu jika ingin mengkonsumsinya. Tahu yang sudah agak berair atau cenderung lembek artinya tahu yang sudah kurang layak untuk dikonsumsi, sebaiknya di olah atau dipanaskan kebali agar lebih enak.
           


Bagaimana cara membuat tahu
1.      Kedelai ditampi untuk dipilih biji yang besar.
2.       Kedelai dicuci, lalu direndam dalam tong yang berisi air selama enam jam.
3.       Kedelai dicuci lagi selama setengah jam.
4.       Kedelai dibagi-bagi dan diletakkan di dalam wadah, yang terbuat dari bambu atau plastik.
5.       Kedelai digiling sampai halus, dan butir kedele mengalir ke dalam tong penampung.
6.       Butir kedelai langsung direbus sampai mendidih di dalam wajan berukuran besar.
7.       Bubur kedelai lalu dipindahkan dari wajan ke bak atau tong untuk disaring dengan kain belacu atau kain mori kasar yang telah diletakkan pada sangkar bambu. Agar semua sari dalam bubur kedelai tersaring semua, pada kain itu diletakkan sebuah papan kayu dan seseorang naik di atasnya dan menggoyang-goyangnya. Limbah penyaringan, yang disebut ampas tahu, diperas lagi dengan menyiram air dingin, sampai tidak mengandung sari lagi. Penyaringan dilakukan berkali-kali hingga bubur kedelai habis.
8.       Air saringan yang tertampung dalam tong warna kuning atau putih dicampur dengan asam cuka agar menggumpal. Selain asam cuka, dapat juga ditambahkan air kelapa, atau cairan whey(air sari tahu bila tahu telah menggumpal) yang telah dieramkan, atau bubuk batu tahu (sulfat kapur).
9.       Air asam dipisahkan dari gumpalan atau jonjot putih dan disimpan, sebab masih dapat digunakan lagi. Gumpalan atau jonjot tahu yang mulai mengendap dituangkan dalam kotak berukuran misalnya 50 x 60 cm2 dan dialasi kain belacu. Adonan tahu kotak dikempa selama satu menit, sehingga air yang masih tercampur dalam adonan tahu itu terperas habis. Adonan tahu berbentuk kotak yang sudah padat dipotong-potong, misalnya dengan ukuran 6 x 4 cm2. Tahu pun siap dijual.
Mengapa sih tahu banyak digemari masyarakat? Karena tahu memiliki banyak manfaat dan tahu kaya akan gizi. Tahu juga makanan yang mudah didapatkan karena harganya yang relatif murah dan juga rasanya yang enak. Selain harganya yang murah, manfaat dari tahu meliputi; tahu sebagai lauk sehari hari, tahu juga bisa menunjang pertumbuhan anak, tahu kaya akan protein tahu juga makanan yang mudah divariasikan menjadi olahan seperti tahu masak,tahu gejrot dan olahan yang lain.